Pages

Friday, October 22, 2010

pengertian penduduk, masyarakat dan kebudayaan


Masyarakat
               
            Kehidupan masyarakat di Indonesia sangat memprihatinkan karena Pemerintah tidak bisa menanggulangi pegangguran…
Pengertian masyarakat sendiri yang saya cari dibuku PPKN saya SMA  adalah Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas.
Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
Tapi……….
Menurut saya sendiri masyarakat adalah sekelompok orang yang merupakan unsur terbentuknya suatu Negara…
                        HmMm….
Pendapat lainnya tentang masyarakat  dimiliki oleh Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, Ia berpendapat bahwa sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemaslahatan...

 
BUDAYA

Apasih kebudayaan??....
Budaya sendiri adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Jadi….
Kebudayaan itu adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Pendapat-pendapat lainnya…
1. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski yang mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
2. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
3. Edward Burnett Tylor juga memiliki pendapat, bahwa Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat
4. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
            Di Indonesia memliki beraneka ragam kebudayaan dan kita sebagai warganegara patut bangga akan hal itu..
            Tapi karena perkembangan zaman banyak anak Indonesia yang tidak memperdulikan budayanya sendiri mereka lebih mencintai kebudayaan dari luar, padahal banyak juga anak bangsa yang akibat mencintai kebuyaannya mereka menjadi hebat karena mereka dipanggil keluar negeri untuk mempertunjukkan kebudayaan Indonesia
            HmMmM…
            Ini sangat Ironis karena orang luar merasa penasaran dan suka akan kebudayaan Indonesia tapi sedangkan kita sendiri??....

Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut
  1. Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
    • alat-alat teknologi
    • sistem ekonomi
    • keluarga
    • kekuasaan politik
  2. Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
    • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
    • organisasi ekonomi
    • alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
    • organisasi kekuatan (politik)


PENDUDUK
Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
  • Orang yang tinggal di daerah tersebut
  • Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.
Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.
Masalah-masalah kependudukan dipelajari dalam ilmu Demografi. Berbagai aspek perilaku menusia dipelajari dalam sosiologi, ekonomi, dan geografi. Demografi banyak digunakan dalam pemasaran, yang berhubungan erat dengan unit-unit ekonmi, seperti pengecer hingga pelanggan potensial.
Wow Indonesia peringkat 4!!!.....
Indonesia merupakan peringkat 4 yang paling banyak penduduknya liat adzah seperti bagan dibawah ini…
  1. Republik Rakyat Cina (1.306.313.812 jiwa)
  2. India (1.103.600.000 jiwa)
  3. Amerika Serikat (298.186.698 jiwa)
  4. Indonesia (241.973.879 jiwa)
  5. Brasil (186.112.794 jiwa)
  6. Pakistan (162.419.946 jiwa)
  7. Bangladesh (144.319.628 jiwa)
  8. Rusia (143.420.309 jiwa)
  9. Nigeria (128.771.988 jiwa)
10.  Jepang (127.417.244 jiwa
Karena Indonesia kurang bisa menanggulangi angka kepadatan penduduk maka tak heran banyak pengangguran akibat banyaknya penduduk ditambah masyarakat yang kurangnya tentang pendidikan.
HmM lalu bagaimana nanggulanginya??....
Seperti yang kita liat pemerintah sudah mencanangkan Keluarga berencana dan Wajib belajar 9 tahun tapi banyak masyarakat yang tidak perduli bahkan tidak tau tentang kegiatan ini…
Alhasil….
Kepadatan penduduk dan Pengangguran tiap tahun bertambah pesat…

No comments:

Post a Comment