Pages

Tuesday, January 10, 2012

Cara membuat Matriks pada Turbo Pascal.


Membuat Menu Matriks Pada Pascal.
·         Pastikan pada komputer kita sudah memiliki aplikasi Turbo Pascal untuk memudahkan kita membuat suatu program dalam Turbo Pascal.
·         Langkah yang pertama yaitu :
1.      Klik atau pilih aplikasi Turbo Pascal
2.      Kemudian nanti akan muncul tampilan pada jendela Turbo Pascal, lalu tekan F10 untuk masuk dalam main menu Turbo Pascal, lalu pilih file – new.
  1. Untuk membuat suatu program Case, programnya adalah
·         Prosedure adalah Suatu Program Terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram (program bagian). Prosedure diawali dengan kata cadangan  Procedure di dalam bagian deklarasi prosedure. Prosedure dipanggil dan digunakan di dalam blok program yang lainnya dengan menyebutkan judul.
·         Setiap Program Sederhana Pascal Selalu diawali Begin dan diakhiri End .
·         Perulangan dengan pernyatan For digunakan untuk mengulang pernyataan suatu blok pernyataan berulang kali sejumlah yang ditentukan, Perulangan dengan pernyataan For dapat berbentuk perulangan positif, perulangan negatif, dan perulangan bersarang. Dibawah ini termasuk perulangan Positif. Contoh : For i := 1 to 2 do  yang maksudnya perulangannya 2 kali
·         GotoXY(kolom, baris)= Kolom digunakan untuk menentukan kolom pada layar yang akan ditempati kursor.
Baris digunakan untuk menentukan baris pada layar yang akan ditempati kursor.








a.       Koodingan Gambar Ke  1.


b.       Koodingan Gambar Ke 2.








e.       Koodingan Gambar Ke 5.
Setelah Semuanya Koodingan Selesai Lalu Di Running Dengan Cara Klik Run pada Tool bar lalu Pilih Run atau dengan cara CTRL + F9 Seperti Gambar Dibawah ini.
         

Hasil Runningannya Seperti Dibawah ini.
1.      Setelah menekan tombol Ctrl + F9 atau Run Pada Pascal, maka pada Program Pascal akan muncul  tampilan dan perintah untuk menginput atau diminta untuk memilih satu pilihan dari beberapa pilihan yang ada dan jika memilih pilihan no.1 seperti pada gambar dibawah ini :

 Lalu tekan tombol Enter, maka pada program akan menampillkan perintah untuk menginput Elemen-elemen matrik I dan II kemudian input data-datanya, seperti pada gambar dibawah ini , Lalu Maukan Elemen-elemen yang kita inginkan Elemen 1 Menyatakan Baris Sedangkan Elemen 2 menyatakan Kolom setelah sudah menginput maka akan Keluar seperti yang dibawah ini.

 2.      Kemudian tekan Enter, maka program akan memproses pada pilihan kedua yaitu penjumlahan matrik seperti pada gambar di bawah ini :


 
Maka Akan Didapat Penjumlahan Matrik Seperti Gambar Dibawah ini.

 3.      Menu Matrik Lalu akan Kita masukan pada Pilihan 3 maka kita masukan 3 di Pilihannya Untuk Penguran pada Matrik lalu tekan Enter.

 Maka akan Didapat pengurangan Matriks seperti Gambar dibawah ini :



4.      Dan yang terakhir untuk mengakhiri program yaitu pada pilihan no.4, jika memilih pilihan tersebut maka program akan keluar dengan sendirinya.



.^^    _nDaH_ChiMoeT_     ^^,

No comments:

Post a Comment